Pinjaman Online Untuk Tambahan Dana Kuliah

Tak memfasilitasi student loan, mahasiswa Indonesia dapat menggunakan pinjaman online untuk biaya pendidikan mereka. Pinjaman ini disediakan oleh fintech bukan Bank konvensional.

Pinjaman online yang khusus untuk mahasiswa ini biasanya tidak dibebankan agunan apapun. Syarat pinjamnya juga sangat mudah dengan tenor dan bunga pinjaman yang rendah.

Amankah pinjaman online untuk dana pendidikan ini? Bagaimana prosesnya serta berapa bunga yang dibebankan? Sebelum lanjut ke pembahasan utama, mari bahas tentang alasan mahasiswa membutuhkan pinjaman dana.

Alasan Mahasiswa Membutuhkan Pinjaman Dana

Sebagian dari kamu mungkin ragu saat akan memutuskan melakukan pinjaman dana pendidikan atau tidak. Untuk itu, kamu perlu melihat kembali sejauh mana kamu membutuhkan pinjaman tersebut.

Berikut ini beberapa alasan mahasiswa membutuhkan pinjaman online dana kuliah:

1. Membayar biaya kuliah

Demi kelangsungan pendidikan kuliah, mahasiswa diharuskan untuk membayar biaya kuliah. Biaya ini biasanya dibayarkan perbulan maupun dalam satu semester dengan nominal yang tidak sedikit.
Nah, jika kamu tidak mau merepotkan orang tua, ada baiknya mulai mengajukan pinjaman online dana pendidikan yang dapat diakses secara online dan tanpa agunan. Jadi kamu tak perlu bingung lagi untuk mencari uang tambahan.  

2. Membayar biaya KKN

Selain membayar SPP mahasiswa juga diwajibkan untuk mengikuti KKN atau Kuliah Kerja Nyata. KKN atau magang ini biasanya memakan biaya yang tidak sedikit apalagi yang magang plus KKN.

Jika kondisi keuangan orang tua kamu tengah baik, mungkin biaya ini tidak jadi alasan. Namun jika sebaliknya, kamu tetap membutuhkan bantuan dari pihak lain. Salah satunya adalah pinjaman online untuk mahasiswa.  

3. Membayar biaya penelitian

Jika kamu adalah mahasiswa dengan prodi tertentu, terkadang membutuhkan penelitian untuk kebutuhan kuliah. Kegiatan ini membutuhkan biaya yang tak sedikit pula. Apalagi jika dilakukan rutin tiap semester.

Untuk itu, jika biaya yang diberikan orang tua kamu tidak mencukupi, kamu dapat mencari jalan lain dengan pengajuan pinjaman online dana mahasiswa.

4. Biaya untuk sertifikasi atau kursus tambahan

Tak hanya ilmu yang didapat selama di bangku kuliah, mahasiswa juga butuh kursus tambahan atau sertifikasi untuk kebutuhan saat akan bekerja. Ini tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Jadi agar semua dapat tercover, tidak ada salahnya kamu mencoba mengambil pinjaman online untuk mahasiswa akhir. Pembayaran ini nantinya dapat dilakukan saat kamu telah lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan.

5. Biaya skripsi atau tugas akhir

Sangat wajar jika skripsi dan tugas akhir membutuhkan banyak uang. Belum lagi soal revisi skripsi atau permasalahan lainnya. Jika uang yang diberikan orang tua kamu tidak mencukupi biaya skripsi satu-satunya jalan adalah mencari pinjaman dana mahasiswa.

6. Membeli perlengkapan kuliah

Tidak semua mahasiswa berasal dari keluarga berkecukupan. Mereka juga tidak selalu dibekali dengan peralatan penunjang yang memadai. Untuk itu, pinjaman dana kuliah ada untuk membantu memenuhi kebutuhan mahasiswa.

Pinjaman online ini dapat digunakan membeli peralatan yang dibutuhkan mahasiswa seperti laptop, printer dan sebagainya. Jadi diharapkan dengan adanya pinjaman ini, mahasiswa dapat fokus kuliah tanpa kekurangan hal apapun.

Setelah mengetahui alasan mengapa mahasiswa butuh pinjaman online untuk biaya kuliah, mari lanjut ke keunggulan pinjaman online untuk mahasiswa.

Keunggulan Pinjaman Online untuk Mahasiswa

Di Amerika, mahasiswa memanfaatkan student loan untuk membantu biaya kuliah mereka. Pinjaman online ini akan mereka bayar setelah lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan.

Di Indonesia student loan memang belum banyak tersedia. Namun kini beberapa fintech mulai berinovasi dengan meluncurkan pinjaman online untuk mahasiswa.

Fintech ini memiliki visi untuk membantu mahasiswa agar dapat menempuh pendidikan. Keunggulan yang ditawarkan oleh para fintech untuk mahasiswa antara lain adalah sebagai berikut:

1. Proses cepat

Setiap fintech yang memberikan layanan pinjaman online untuk mahasiswa dengan proses cepat. Setelah semua syarat pinjaman online disetujui, maka hari itu juga kamu sudah dapat pencairan dana.

2. Tanpa jaminan  

Keunggulan dari pinjaman online untuk mahasiswa ini adalah kredit tanpa agunan. Sedangkan proses pelunasannya dilakukan ketika sudah bekerja. Jumlah angsuran akan ditetapkan sesuai dengan gaji yang akan kamu terima.

3. Syarat mudah

Syarat mengajukan pinjaman online untuk mahasiswa lebih mudah ketimbang mereka yang sudah berpenghasilan. Syarat pinjaman online untuk mahasiswa antara lain sebagai berikut:

● Telah terdaftar sebagai mahasiswa

Saat akan mengajukan pinjaman online untuk mahasiswa, calon peminjam harus terdaftar sebagai pelajar. Selain itu, proses pembelajaran di perguruan tinggi kamu juga harus sudah berjalan.

● Memiliki penjamin

Syarat kedua, kamu harus memiliki penjamin yang telah memiliki penghasilan tetap. Penjamin ini biasanya adalah orang tua atau kerabat yang memang mau untuk dijadikan sebagai penjamin.

● Melengkapi dokumen

Berbeda dengan pinjaman online pada umumnya, dokumen yang harus kamu lengkapi tidak terlalu banyak. Dokumen tersebut berupa surat persetujuan dari wali, KTM atau kartu tanda mahasiswa dan NIK.

Untuk mahasiswa aktif diharuskan melampirkan transkrip akademik serta riwayat pembayaran. Sedangkan untuk mahasiswa baru, dapat menambahkan surat penerimaan mahasiswa baru, program pendidikan dan lembaga pendidikan.

Aplikasi pinjaman online dana kuliah saat ini sangat beragam. Semua menawarkan kemudahan serta proses yang cepat. Salah satunya adalah CekAja.com. Platform ini dapat menjadi solusi masalah pembiayaan kuliah kamu.  

Untuk kamu yang butuh dana pendidikan melalui pinjaman online silakan kunjungi link berikut ini:

https://www.cekaja.com/pinjaman-online

CekAja.com merupakan platform yang dapat membatu kamu untuk mencari pinjaman online terbaik. Di CekAja.com, kamu bisa menemukan pinjaman online dari berbagai fintech di Indonesia. Kamu bisa melakukan perbandingan yang dapat membantu kamu membuat keputusan yang tepat.

1 komentar: